Post Anyar

6/recent/ticker-posts

Buah Pisang, Manfaat Segudang


ADA buah yang selalu populer di sepanjang bulan. Buah ini bisa dimakan langsung atau perlu diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Di bulan Ramadan, kepopulerannya semakin melambung. Diolah bersama dengan kolang-kaling, gula aren, dan santan jadilah kolak lezat sebagai makanan "wajib" saat berbuka. Di luar bulan Puasa, pisang juga tenar sebagai buah pencuci mulut saat selesai makan.
Karena nilai gizinya tinggi, banyak ibu yang memperkenalkan jenis makanan padat pertama bagi bayinya dengan buah pisang yang dikerok. Banyak penjaja camilan gorengan di sudut persimpangan jalan yang salah satu menu andalannya adalah pisang goreng atau "gorengan pisang".
Tanaman buah ini asli dari Asia Tenggara. Namun ada yang menyebutkan bahwa pisang berasal dari Brasilia dan India. Dari sini lalu menyebar ke daerah Pasifik.
Berdasarkan cara mengonsumsi buahnya, pisang dikelompokkan dalam dua golongan, yaitu pisang meja (dessert banana) dan pisang olahan (plantain, cooking banana). Pisang meja dikonsumsi dalam bentuk segar setelah buah matang, seperti pisang ambon, susu, raja dan seribu. Pisang olahan dikonsumsi setelah digoreng, direbus, dibakar, atau dikolak, seperti pisang kepok, siam, kapas, tanduk, dan uli.
Buah pisang bisa diolah menjadi berbagai produk seperti sale, kue ataupun arak (di Amerika Latin). Untuk konsumsi, sebaiknya pilihlah pisang yang sudah matang yaitu pisang yang kulitnya hijau kekuning- kuningan dengan bercak coklat atau kuning. Kondisi seperti ini akan mudah dicerna dan gula buah yang diubah menjadi glukosa alami secara cepat akan diserap ke dalam peredaran darah. Pisang yang mentah akan sulit dicerna.
Manfaat pisang
Penyandang nama ilmiah musa paradisiaca linn ini ternyata mempunyai berjuta manfaat bagi kesehatan. Dikenal sebagai salah satu makanan super bagi para atlet karena kandungan tiga gula alaminya yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa serta seratnya mampu memberi energi untuk pembakaran energi selama 90 menit nonstop. Secara umum, kandungan gizi yang terdapat dalam setiap buah pisang matang adalah sebagai berikut: kalori 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 miligram (mg), serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, vitamin A 44 RE, Vitamin B 0,08 mg, Vitamin C 3 mg dan air 72 gram.
Selain memberikan kontribusi gizi lebih tinggi daripada apel, pisang juga dapat menyediakan cadangan energi dengan cepat apabila dibutuhkan. Termasuk ketika otak mengalami keletihan. Manfaat lain dari pisang bagi kesehatan adalah membantu mengatasi masalah kesehatan seperti anemia, tekanan darah tinggi, stroke, meningkatkan konsentrasi, sembelit, depresi, obat mabuk, penyakit jantung, mual pada wanita hamil, gigitan nyamuk, syaraf dan nyeri haid. Ada satu manfaat lagi yang cukup menggembirakan bagi para pecandu rokok yang ingin berhenti merokok.
Kandungan vitamin C, A,B6, B12, kalium dan magnesium pada pisang ternyata sangat membantu tubuh menjadi cepat sembuh dari efek racun nikotin. Nah, lo… bukankan kesempatan baik untuk berhenti dari merokok? Siangnya menahan diri tidak merokok karena puasa dan setelah buka, banyakbanyaklah mengonsumsi pisang agar keinginan merokok menjadi padam. Tubuh pun menjadi sehat karenanya. Jadi, tunggu apa lagi?**

(Sumber) 

Post a Comment

2 Comments

  1. Informasinya bagus gan buat nambah pengetahuan tentang buah pisang. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan. mudah - mudahan berguna buat agan terutamanya. makasih kunjungannya gan.

      Delete

Terima Kasih telah berkunjung di blog pribadi saya.
Order Ubi Cilembu
Call/SMS/WA. 082319517777

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)