Rabu, 26 Juni 2013

Doa – Doa Puasa Ramadhan

 
 waktu masih dikampungku biasa diajarkan atau diulang menjelang bulan ramadhan tiba. Hal itu sudah menjadi tradisi dalam rangka menyambut bulan puasa. Doa – Doa Puasa Ramadhan diajarkan dimasjid sehabis sholat magrib dan para peserta ngaji diwajibkan menghafalkanya.
Adapaun daftar Doa – Doa Puasa Ramadhan yang diajarkan antara lain :


  1. Niat Puasa Ramadhan
  2. Niat Mandi Sunah Menjelang Puasa Ramadhan.
  3. Niat Mandi Sunah Menjelang Idul Fitri.
  4. Niat Sholat Sunah Tarawih
  5. Niat Sholat Sunah Witir
  6. Niat Sholat Sunah Idul Fitri
  7. Bacaan Takbir Sholat Idul Fitri
  8. Niat Ber-Zakat Idul Fitri
  9. Bacaan Silaturahmi ketika lebaran
Itulah beberapa amalan Doa – Doa Puasa Ramadhan yang biasa saya persiapkan untuk dihapal ulang ketika menjelang bulan ramadhan tiba. Alhamdulillah sampai hari ini saya hanya do’a niat berzakat ujungnya sedikit lupa, wah jadi ketahuan zakatnya setahun sekali… yang wajib kan memang begitu hehe..
Semasa kecil dulu begitu senangnya kalau sudah mulai diajarkan menghapal Doa – Doa Puasa Ramadhan karena dibulan puasa walaupun siang harus kelaparan menahan makan, tetapi ibu sibuk menyiapkan buka puasa dengan berbagai hidangan yang jarang kita temukan dihari-hari biasa.
Dihari-hari terakahir bulan ramadhan orang tua kita sudah sibuk meyiapkan kue-kue untuk hari raya lebaran dan yang tidak ketinggalan adalah baju baru, celana baru, sendal dan sepatu baru, semuanya serba baru itulah tuntutan kita yang membuat mereka sedikit ngomel kalau mendekati lebaran karena banyak pengeluaran.
Apapun keadaanya, dan bagaimana ceritanya bulan ramadhan adalah bulan yang sangat kita nanti-nantikan sebagai kaum muslimin.
Doa – Doa Puasa Ramadhan mari segera kita hapalkan kembali dalam rangka menyambut bulan suci dan penuh berkah pahala.
Instagram