Pesepakbola Muslim di Daratan Eropa

Sepakbola, siapa yang tak tahu dengan olahraga yang satu ini, semua manusia di penjuru Bumi mengetahuinya tanpa terkecuali, olahraga ini memanglah sangat populer di belahan Bumi Manapun bahkan di beberapa Negara, sepakbola dijadikan agama kedua oleh penduduknya. Dalam perkembangannya, olahraga yang berasal dari negeri ratu Elizabeth ini dimasa kini telah menjadi sebuah industri yang cukup berpengaruh dalam tatanan perekonomian, Eropa adalah benua yang paling maju dalam hal ini, dengan Negara-Negaranya yang mempunyai liga-liga terdepan di muka Bumi, seperti Bundesliga Jerman, La Liga Spanyol, Liga Primer Iggris, dan Serie-A Liga Italia, hal ini tidaklah mengherankan karena sepakbola memang berasal dari sana. Liga-liga top di Eropa menjadi sebuah kiblat sepakbola modern dan menjadi magnet bagi para pesepakbola dunia, selain popularitas dan uang disanalah mereka bisa menunjukan destinasinya sebagai pemain sepakbola, dan bisa dikatakan bahwa siapa saja pemain sepakbola yang belum merasakan bermain di liga-liga top eropa belumlah bisa dikatakan sebagai pemain kelas dunia.
Semua mata penikmat sepakbola tertuju pada Eropa, bahkan media-media pun hampir setiap detik melaporkan perkembangan-perkembangan disana, disana juga menjadi gudangnya pemain-pemain kelas dunia, mereka semua berasal dari berbagai Negara, agama, ras, suku, serta berbagai bahasa dan tradisi, mereka semua berbaur menjadi satu di bawah bendera sepakbola, tak terkecuali yang beragama Islam. Pemain sepakbola yang beragama islam yang merumput di liga-liga top Eropa menjadi sebuah minoritas, bahkan mereka juga harus berjuang mempertahankan keyakinannya di tengah-tengah budaya kehidupan yang berbeda dengan ajaran yang dianutnya, dan hal yang menjadi kunci dari jarangnya pemberitaan media mengenai kehidupan pribadinya adalah karena mereka terus berpegang teguh pada ajaran yang dianutnya disamping tuntutan profesi dengan standar tinggi yang digelutinya.
Para pemain muslim ini bukan hanya bermain bagi klub-klub medioker dan kecil, melainkan diantara mereka ada yang bermain di klub-klub besar dan mapan, bahkan menjadi tulang punggung dan kunci permainan yang sangat diandalkan klubnya. Di liga Inggris ada nama-nama tenar seperti Robin Van Persie (Man.Utd), Demba Ba, Eden Hazard (Chelsea), Bacary Sagna, Abou Diaby, Marouane Chamakh (Arsenal), Kolo dan Yaya Toure, Samir Nasri, Edin Dzeko (Man.City), Hatem Ben Arfa, Papis Cisse (Newcastle Utd), Adel Taarabt (QPR), Moussa Dembele (Totenham Hotspur), Marouane Fellaini (Everton), dan Asmir Begovic (Stok City).
Di pentas liga Italia terdapat Beberapa nama yang tak asing di telinga kita seperti Nicholas Anelka (Juventus), Adam LIajic (Fiorentina), Sulley Muntari (Ac. Milan), Samir Handanovic (Inter Milan), Blerim Dzemaili, Gokhan Inler, Valon Behrami (Napoli), Miralem Pjanic (Roma), Ishak Belfodil, Djamel Mesbah (Parma), Mehdi Benatia (Udinese), Abdoulaye Konko, Senad Lulic, Lorik Cana (Lazio), Samir Ujkani, Housine Kharja (Palermo), Amidu Salifu (Catania), dan Shkodran Mustafi (Sampdoria).
Di La Liga Spanyol dihiasi nama-nama tenar macam Mesut Ozil, Sami Khedira, Karim Benzema (Real Madrid), Eric Abidal, (Barcelona) Adil Rami, Sofiane Feghouli, Ali Cissokho (Valencia), Arda Turan (Athletico Madrid) dan Nabil Elzahr (Levante). Di liga Jerman diwakili oleh Frank Ribery, Xerdan Xaqiri (Bayern Muenchen), Nuri Sahin, Ilkay Gundogan (Borrusia Dortmund), Serdar Tasci, Vedad Ibisevic (VfB Stuttgart), Eren Derdiyok (TSG), Omar Toprak (Bayern Leverkusen), Mohamed Zidan (Mainz), Mohammadou Idrissou (Borussia Muenchengldbach), dan Ibrahim Affelay (Schalke). Di liga Prancis ada nama-nama seperti Zlatan Ibrahimovic, (PSG),  Mouhamadou Dabo (O.Lyon), Jordan dan Andre Ayew (O.Marseille), Abdoulaye Keita, Cheikh Diabate  (Bordeaux).
Dan masih banyak lagi nama-nama lainnya yang tersebar hampir di seluruh liga-liga benua biru. macam Darijo Srna yang bermain untuk Shaktar Donesk di liga Ukraina dan Miralem Sulejmani yang berkiprah di liga Belanda bersama Ajax Amsterdam. Disamping itu ada juga talenta-talenta muda yang masih merintis karir sepakbolanya, mereka semua diharapkan dapat meneruskan kejayaan para pendahulunya yang telah melegenda seperti Zinedine Zidane, Emre Belozoglu, Youri Djorkaef, Frederic Kanoute, Stephen Appiah, Elhadji Diouf, Hakan Sukur, Ali Karimi, david Trezeguet dan para pemain lainnya yang telah menjadi kebanggaan umat muslim  diseluruh dunia. Dan semoga saja mereka semua bisa tetap berpegang teguh pada keyakinannya serta menjadi muslim yang taat pada syariat agama Islam.
Share on Google Plus

About Firman Hakiki

Nama Saya Firman Hakiki Orang Cilembu Asli Si Penjual UBI CILEMBU ASLI dari CV. PUCIMA HP. 082319517777 Alamat: Jl. Raya Cilembu No. 34, RT. 01 / 08, Pamulihan, Cilembu, Sumedang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog pribadi saya.
Order Ubi Cilembu ASLI 100 %
Call/SMS/WA. 082319517777