Sistem Operasi iOS

 
iOS adalah sistem operasi yang terdapat pada produk-produk yang diciptakan perusahaan terkenal apple. iOS awalnya hanya dikembangkan untuk Iphone. Namu sekarang sudah diperluas untuk perangkat apple yang lainnya seperti iPod Touch, iPad, dan apple TV. iOS adalah sistem operasi yang diciptakan dengan segala kekurangan. Bukan berarti banyak masalah atau bug yang terdapat pada sistem operasinya. Tapi kekurangan yang terdapat pada feature-feature yang tersedia di dalam sistem operasinya. Kalau kita lihat perkembangannya dari versi awal sampe yang sekarang (4.2.1) dan untuk iPhone CDMA (4.2.5) sangat bertahap. Dan cenderung ketinggalan jaman dengansistem operasi gadget yang lain. Namun dengan adanya iOS versi 4.2.1, iPod Touch sudah bisa menandingi gadget-gadget saingannya. Menurut saya iOS memiliki kesetabilan yang baik. Dan sistem operasi iOS sangat user friendly.
Fitur  yang terdapat pada iOS yang terdapat pada iPod Touch dengan sofware versi 4.2.
  • Multitasking
Kemampuan multitasking baru bisa dirasakan oleh user iPod dan iPhone  pada iOS versi 4.0. Sedangkan pada iPad pada versi 4.2. menurut saya pada versi 4.0 kemampuan multitasking belum terlalu stabil. Masih terdapat bug-bug yang terkadang merepotkan. Namun sudah diperbaiki pada versi selanjutnya(4.2) dan sekarang sudah bisa berjalan dengan baik. Kemapuan multitasking memungkinkan kita membuka beberapa aplikasi sekaligus tanpa harus keluar dari aplikasi yang kita buka. Cukup menekan home buton maka kita akan keluar dari aplikasi yang kita mainkan, dan aplikasi tersebut tidak akan tertutup secara permanen. Untuk menampilkan aplikasi nya cukup dengan menekan dua kali home buton. Maka akan keluar aplikasi yang kita mainkan. Kalau terlalu banyak membuka aplikasi dan kita belum menutupnya secara permanen, maka ipod akan heng. Cara mematikan aplikasi yang kita gunakan secara permanen adalah dengan cara menekan Home Buton sebanyak 2 kali. Lalu kita tap dan tahan. Tunggu sampe keluar gambar seperti dibawah ini :
lalu tap tanda (-) yang berwarna merah. Maka aplikasi akan berhenti permanen. 
  • Membuat Folder
Pada versi 3 ipod touch dan iphone belum bisa melakukan perintah untuk membuat folder. Dengan adanya kemampuan untuk membuat folder,  ipod kelihatan lebih rapi karena tidak harus memiliki banyak slide dikarena banyaknya aplikasi yang kita miliki yang tercecer di layar. Dengan kemampuan membuat folder  Kita cukup mengabungkan aplikasi-aplikasi yang sejenis dan membuat nya dalam 1 folder agar tidak memakan banyak tempat. Cara membuat folder, adalah Dengan cara menahan dan menggerserkan aplikasi yang sejenis ke satu tempat yang sama. Maka akan tercipta 1 folder dengan berisi dua aplikasi (awalnya) folder dapat kita tambah isinya dengan cara melakukan cara yang sama seperti diatas.Gambar ini menunjukan isi 1 folder yang ada, dengan nama folder Game.
  • Air Print
Jika memiliki printer yang dapat terkoneksi sambungan wireless, kita dapat mengunakan kemapuan air print. Ini salah satu kemampuan tambahan dari iOS versi 4.2. dan hanya dapat dilakukan dengan printer yang dapat terkoneksi dengan kemampuan wireless, tidak dapat mengunakan kabel usb.
  • Mengubah wallpaper
Pada awalnya ipod Touch tidak mengganti wallpaper tampilan nya. Dan hanya tersedia tampilan default dengan beackground hitam. Seperti gambar di atas (versi 3.2), dan setelah update ke versi 4.2 kita dapat mengubah background nya sesuka hati, seperti gambar di atas pada sebelah kiri (versi 4.2).
  • Wifi dan Airplane Mode
Ditambahkan kemampuan agar ipod dapat terkoneksi ke jaringan wifi. Dan terdapat mode airplane yang ditambahkan pada saat update sofware versi 4.0
  • Air Play
Jadi iphone, ipod touch, dan ipad dapat terkoneksi ke speaker yang mampu terkoneksi menggunakan kemampuan wireless.
  • Game center dan Book Store (iBook)
Terdapat kemampuan mengakses game ke apple store secara mudah mengunakan kemampuan game center tanpa harus melalui iTunes atau app store. Dan iBook store adalah khusus Toko buku yang ada di iTunes store. Namun dengan ada kemampuan akses ke game center dan iBook store. Kita tidak perlu repot-repot lagi ke iTunes untuk mencari buku dan game kesukaan kita.
  • Voice Control
Kemampuan untuk memberi perintah kepada ipod melalui perintah suara kita. Kemampuan voice control dapat digunakan mengunakan bahasa indonesia, inggris, jepang dan beberapa lagi yang telah di sesuaikan oleh apple. Namun voice contro hanya dapat dinikmati iPhone user dan Ipod Touch 32 GB 2gen sampai 4gen. Sedangkan ipod Touch 8GB tidak didukung fasilitas voice control.
  • Google maps, calender, youtube, weather, mail, contacts, stock, dan voice memo.
Sistem operasi iOS dapat terkoneksi dengan google maps, calender, youtube, laporan cuaca, kontak, e.mail, stock, dan voice memo.
Dengan google map kita dapat mengetahui lokasi keberadaan kita. Namun untuk mengaktifkan kemampuan ini kita harus terkoneksi dengan internet atau jaringan wifi. Karena tidak dapat digunakan dengan kondisi offline.
Dengan Youtube kita dapat menonton vidio kesukaan kita yang ada di youtube. Dan hanya dapat digunakan ketika kita terkoneksi kepada internet. e.mail memungkinkan kita selalu update dan membaca setiap yang masuk ke e.mail kita.Stoccks semacam info bursa dapat di update ketika kita online. Dan tidak dapat digunakan ketika kita offline.Voice memo memungkinkan kita untuk mereka suara kita dan menjadikan nya pesan.
Dan banyak lagi kemapuan yang terdapat di iOS. Demikianlah kemampuan yang dapat dilakukan sistem operasi iPod Touch yang saya gunakan.
Berikutnya adalah Kekurangan dan Kelebihan yang terdapat pada sistem operasi iOS pada iPod Touch :
  • Kelebihan:
- Sulit terserang Virus.
- User Friendly.
- Memiliki tampilan yang bagus.
- Tersedia aplikasi yang bagus. anda dapat mendowload nya di iTunes menggunakan acoount iTunes free atau berbayar yang anda miliki.
- ukuran memory internal yang cukup besar. 8GB, 16GB, 32GB, 64GB.
- UpGrade FW yang relatif mudah.
  • Kekurangan:
- Harga relatif mahal.
- Memory yang tersedia tidak bisa ditambah sesuai keinginan kita.
- Tampilannya tidak bisa diubah-ubah sesukai hati. kecuali iPod anda sudah di hack. namun itu melanggar hukum. jika diketahui oleh pihak apple, maka garansi anda akan hilang.
- Membuat anda lupa waktu, karena gamenya bagus, sangat menyenangkan, dan banyak.
- kualitas suara yang dihasilkan speaker outputnya sangat kecil.
Share on Google Plus

About Firman Hakiki

Nama Saya Firman Hakiki Orang Cilembu Asli Si Penjual UBI CILEMBU ASLI dari CV. PUCIMA HP. 082319517777 Alamat: Jl. Raya Cilembu No. 34, RT. 01 / 08, Pamulihan, Cilembu, Sumedang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog pribadi saya.
Order Ubi Cilembu ASLI 100 %
Call/SMS/WA. 082319517777