Tips Bepuasa Bagi Ibu Hamil


Puasa tetap lancar saat hamil @ilustrasi
SAAT bulan Ramadan pola makan berubah, khusus bagi Anda yang sedang hamil ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ini penting agar kondisi Anda dan si jabang bayi dalam kondisi terjaga.
1.     Saat Sahur
  1. Pilih makanan dengan komposisi menu yang seimbang, yaitu 50 persen karbohidrat, 30 persen protein, dan 10-20 persen lemak.
  2. Konsumsi sayuran dan buah dalam menu sahur untuk mencegah terjadinya sembelit dan menjadi pencetus timbulnya wasir pada ibu hamil.
  3. Minum susu sangat disarankan untuk menambah kekuatan. Namun bila kadar gula darah ibu hamil/menyusui tergolong tinggi, sebaiknya minum susu plain.
  4. Makanan yang terlalu pedas tidak disarankan untuk ibu hamil/menyusui.
  5. Banyak minum air putih.
  6. Makan tidak terburu-buru.
  7. Bagi ibu menyusui, pastikan si kecil dalam keadaan kenyang sehingga tidak terbangun/menangis saat ibunya makan sahur.
2.     Saat Berbuka Puasa
  1. Menyegerakan berbuka puasa.
  2. Awali buka puasa dengan makanan yang hangat dan manis. Bila wanita hamil/menyusui harus membatasi makanan/minuman manis, sebaiknya pilih pemanis yang aman.
  3. Jangan langsung minum es karena bisa menyebabkan kembung akibat produksi asam lambung yang meningkat.
  4. Jangan langsung makan makanan berat agar sistem pencernaan tidak serta-merta dipaksa bekerja keras setelah beristirahat seharian.
  5. Disarankan mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti sayur dan buah, saat berbuka puasa. Makanan tinggi serat akan dicerna dalam waktu lama sehingga lambung bisa bersiap secara bertahap.
  6. Pola makan 3 kali sehari tetap dapat dilakukan dengan makan makanan ringan, seperti roti, puding, atau makanan kecil yang aman dikonsumsi setelah salat tarawih.
  7. Perbanyak minum air putih di malam hari.
Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga di bulan Puasa yang penuh berkah kita dapat melaksanakan kewajiban sebagai umat muslim dengan sebaik-baiknya. Amin!
Share on Google Plus

About Firman Hakiki

Nama Saya Firman Hakiki Orang Cilembu Asli Si Penjual UBI CILEMBU ASLI dari CV. PUCIMA HP. 082319517777 Alamat: Jl. Raya Cilembu No. 34, RT. 01 / 08, Pamulihan, Cilembu, Sumedang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog pribadi saya.
Order Ubi Cilembu ASLI 100 %
Call/SMS/WA. 082319517777