Menurut
beberapa mekanik yang doyan otak-atik skutik, ada 2 cara yang bisa
diakukan agar kapasitas mesin 113,7 cc punya Mio bisa sesuai regulasi
kelas bore-up 150 cc pemula.
"Pertama dengan murni menaikkan
diameter piston Mio yang standarnya 50 mm. Langkah berikutnya dengan
memadukan pembesaran diameter piston dengan memperpanjang langkah,”
terang Aldhie, mekanik sekaligus pemilik Bike.rider Shop di Kalimalang,
Jaktim.
Pakai Piston 57 mmUntuk
cara pertama, ukuran piston yang bisa dipakai melengserkan standar Mio,
yang berdiameter 57 mm. Dengan perhitungan (1/4 x 3,14 x(57)² x 57,9):
1000, maka didapat kapasitas mesin Mio sekarang jadi 147,67 cc.
Menjejalkan
piston gede, bikin liner standar juga mesti dirumahkan. “Gantinya liner
yang sesuai sama piston itu, misal pakai punya Suzuki Thunder 125,”
kata pria berkulit putih ini.
Selain bawaan Thunder 125, piston
Honda GL Neo Tech & Yamaha V-Ixion bisa dipakai buat naikkan cc Mio.
Oh ya, enggak hanya boringnya yang mesti diganti saat mengapliaski cara
pertama ini.
Khusus pakai piston Thunder dan V-Ixion,
penyesuaian pada diameter pin juga mesti dilakukan. Pasalnya bawaan Mio
15 mm dan pin Thunder juga V-Ixion 14 mm.
Butuh pengerjaan 5 sampai 7 hariPerbesar Piston + Naik StrokeLangkah
kedua ini, kombinasi nambah diameter piston dengan menjejalkan yang
ukuran 54,5. Sedang buat tambah panjang langkah, ukuran total 6 mm
(sesuai aturan maksimal naik stroke) dianggap yang paling pas. Pasalnya
bila dimasukkan ke dalam rumus, hasil perkalian dan pembagiannya ketemu
kapasitas mesin jadi 148,99 cc.
0 Comments
Terima Kasih telah berkunjung di blog pribadi saya.
EmojiOrder Ubi Cilembu
Call/SMS/WA. 082319517777