Asal Usul Obeng dan Baut (Sekrup)


Asal Usul Obeng dan Baut (Sekrup) (Gambar 1)

Obeng yg aslinya disebut sebagai pemutar sekrup memasuki dunia secara tidak menyolok dan keberadaannya tetap low profile hingga ulangtahun ke-300nya. Para sejarawan percaya obeng ditemukan di Jerman, tapi tidak bisa dipastikan tepatnya kapan. The Medieval Housebook of Wolfegg Castle adalah referensi tertulis paling tua yg bisa dikenali tentang obeng. Buku itu terbit antara 1475 dan 1490. Sehingga bisa disimpulkan obeng lahir pada sekitar abad ke-15. 

Selama 300 tahun, keawetan sekrup adalah satu"nya bukti bahwa yg mendukung terciptanya obeng. Kemudian tiba" dokumentasi tentang obeng menyebar melintasi Eropa, khususnya di Perancis. 

Obeng pada jaman masa awalnya memiliki pegangan berbentuk buah pir & dibuat untuk sekrup ber-slot. Sekrup logam yang kita kenal sekarang sudah digunakan setidaknya pada abad ke-15 untuk pekerjaan membuat lemari kabinet dan untuk menyatukan lembaran logam pada baju perang (armor). Sebelumnya, sekrup kayu digunakan untuk alat pengepres anggur dan minyak zaitun pada abad ke 1-3 SM. Tidak diketahui alat apa yg digunakan sebagai fungsi obengnya. 
Asal Usul Obeng dan Baut (Sekrup) (Gambar 2)
Sekrup pada jaman dulu harganya sangat mahal sebelum sejumlah penyempurnaan dalam pembuatannya pada masa awal Revolusi Industri Pertama yg membuat sekrup populer dan menyebar luas. Diantara proses itu misalnya, mesin bubut buatan Jesse Ramsden dan Henry Madslay dan produksi masal sistem seperti garis oleh David Wilkinson, Job dan William Wyatt. 

Hal ini berubah pada tahun 1908 saat seorang Kanada bernama P.L. Robertson mematenkan "tipe kepala ceruk pertama yang lebih praktis dan cepat untuk keperluan produksi." Sekrup Robertson menjadi standar di Kanada dan mengguncang Amerika Serikat saat Ford Motor Company, salah satu konsumen pertama Roberton, menggunakan lebih dari tujuh ratus sekrup Robertson untuk masing-masing mobil Model T. Kepala sekrup kotak pada sekrup Robertson bermanfaat karena bisa cocok untuk berbagai jenis obeng. 

www.serupedia.com/2012/09/sejarah-dan-asal-usul-sekup-obeng.ht
 
Share on Google Plus

About Firman Hakiki

Nama Saya Firman Hakiki Orang Cilembu Asli Si Penjual UBI CILEMBU ASLI dari CV. PUCIMA HP. 082319517777 Alamat: Jl. Raya Cilembu No. 34, RT. 01 / 08, Pamulihan, Cilembu, Sumedang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog pribadi saya.
Order Ubi Cilembu ASLI 100 %
Call/SMS/WA. 082319517777