Post Anyar

6/recent/ticker-posts

Desa Cilembu Mempengaruhi Ubi Menjadi Manis Bermadu

Desa cilembu, adalah sebuah desa yang istimewa. Desa yang diberikan karunia oleh Allah SWT dengan kemahsyuran ubi cilembu yang terkenal manis semanis madu. Desa yang berada di wilayah pemerintahan Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang - Jawa Barat ini memiliki keistimewaan yang patut disyukuri oleh warga masyarakat yang menghuni desa ini. Dengan kuasa ilahi setiap ubi varietas nirkum, rancing, eno, jawer dan odos jika ditanam di daerah cilembu dan sekitarnya menjadi manis mengeluarkan cairan gula seperti madu. Populer di masanya, setiap varietas memiliki keistimewaan tersendiri.

Nirkum, adalah varietas unggulan ubi cilembu yang melegenda. Digantikan dengan rancing yang sampai saat ini kita sering temui di setiap kios dan supermarket.

Selain dari tanah yang memiliki kandungan unsur hara terbaik untuk ubi, air dan keadaan suhu cuaca di cilembu juga sangat mempengaruhi kualitas ubi cilembu ini. Hal ini dibuktikan berdasarkan pengalaman yang seringkali terjadi saat desa cilembu kekurangan ubi. Ubi yang didatangkan dari Tanjungsari, Rancakalong, Cimanggung, Sukasari dan Jatinangor jika dicuci dan dilayukan di cilembu memiliki sifat yang sama dengan ubi yang ditanam di cilembu. Inilah keunikan dan karunia yang dimaksud. Keunikan ini memberikan berkah bagi para pelaku usaha ubi cilembu.

Kesimpulan yang bisa kita dapatkan dari hal ini yaitu ubi yang berasal dari Tanjungsari, Rancakalong, Sukasari, Pamulihan, Cimanggung dan Jatinangor jika diolah dan dicuci lalu dilayukan di Desa Cilembu maka bisa disebut sebagai Ubi Cilembu Asli. Kualitasnya tidak perlu kita ragukan lagi. Karena bukan ubinya tapi Cilembunya lah yang membuat ubi menjadi manis semanis madu itu. Percaya atau tidak, tapi ini benar terjadi.

Post a Comment

3 Comments

Terima Kasih telah berkunjung di blog pribadi saya.
Order Ubi Cilembu
Call/SMS/WA. 082319517777

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)