Berbagai Jenis Ban Motor

1.Jenis ban Sport (bukan untuk balapan)
Pada ban jenis ini memiliki grap atau daya cengkram yang luar biasa pada kondisi jalanan yang memungkinkannya sangat enak apabila sobat membawa ngebut sepeda motor sobat. Ban ini mempunyai jarak tempuh hanya 1.000 mil (1.600 km) atau kurang. Jika pada dasarnya tipe ban sport di lapangan balap membutuhkan daya cengkram yang tinggi pada saat  menikung dan ban ini bisa beroperasi pada suhu yang sangat tinggi. Namun pada dasarnya jenis ban ini tingkat memiliki daya cengkraman yang akan terus naik seiring dengan suhu ban yang semakin meningkat. Ban jenis ini sangat tidak aman apabila sobat menggunakannya di jalan umum, kenapa sangat tidak aman apabila sobat gunakan di jalan umum ? Karena daya cengkram ban ini baru efektif ketika suhu ban tinggi dan mungkin pada saat suhu ban sudah tinggi sobat sudah sampai ke tempat tujuan sebelum suhu ban menjadi panas. Perlu sobat ketahui, ban ini jika digunakan saat balapan, ban ini dipanaskan dengan alat pemanas untuk menghasilkan daya cengkram yang maksimal.

2. Sport Touring
Pada jenis ban sport touring memiliki daya tahan yang jauh lebih baik dari tipe ban sport.
Namun daya cengkram atau grip pada jenis ban sport turing ini kalah dengan jenis ban sport dan daya tikung pada jenis ban ini pun tidak sebagus tipe ban sport. Namun jenis ban tipe sport toring ini bagus untuk track atau jalanan yang lurus. Karena ban jenis ini sangat bagus digunakan untuk perjalanan antar kota (jarak jauh). Jika sobat suka pergi kelua kota atau suka touring bersama teman teman sobat. Ban jenis ini sangatlah cocok digunakan dengan sepeda motor sobat.
3. Touring
Pada jenis ban touring biasanya terbuat dari karet keras untuk daya tahan yang lebih lama.
Namun pada suhu tinggi daya cengkram atau grip kalah dengan jenis ban sport dan sport touring. Akan tetapi pada tipe ban jenis ini suhu lebih yang lebih rendah daya cengkram lebih baik dibanding suhu tinggi. Ban ini lebih cocok untuk mengendarai dalam kondisi dingin atau musim dingin, sedangkan tipe ban sport mungkin tidak pernah mencapai suhu operasi optimal jika beroperasi pada musim dingin. Oleh karena itu, jika didaerah sobat sedang mengalami musin hujan akan sangat efisien jika sobat menggunakan ban jenis touring ini.

4. Cruiser
Pada jenis ban cruiser yang biasanya digunakan motor bebek umumnya memiliki daya tahan lebih baik dari tipe ban sport namun memiliki daya cengkram atau grip kalah dengan jenis ban sport. Karena ban jenis ini biasa digunakan untuk perjalanan sehari hari yang memungkin keadaan bunga pada ban akan cepat habis atau aus.
5. Scooter
Jika sobat memiliki vespa dirumah, atau sobat memiliki teman yang memiliki vespa. Maka vesapa tersebu  menggunakan jenis ban scooter. Ban ini merupakan ban tubbles yang lebih awet dibandingkan dengan ban cruiser. Namun daya cengkram dan gripnya sangat jauh kalah dengan ban cruiser.
6. Off Road
Pada jenis ban off road memiliki tonjolan dan dalaman untuk menghasilkan cengkaraman maksimum pada medan berlumpur, berpasir, atau berkerikil. Biasanya digunakan oleh motor cross yang biasa berjalan dijalan yang berlumpur dan berpasir. Ban ini sangat cocok digunakan di pegunungan yang memilik kondisi jalan yang sangat curam. Namun jika sobat gunakan Jenis ban off road dijalanan umum akan sangat tidak stabil karena daya cengkaraman dijalanan beraspal sangat tidak maksimal.
7. Racing
Jenis ban sport yang sering digunakan untuk balapan. Karena tekstur segitiga di ban jenis ini lebih banyak. Kenapa banyak model atau teksturs segitiga pada ban racing ini ? Karena semakin banyak semakin kuat daya cengkram ke permukaan jalan. Tipe ban racing dibuat dengan karet yang lebih lembut. Ban ini tidak cocok digunakan di jalan umum karena cepat kehilangan daya cengkram sama dengan hal nya pada jenis ban sport. Dibuat menggunakan bahan karet yang lebih lembut ketimbang tipe ban lain. Pada jenis ban ini tidak cocok digunakan dalam keadaan basah, tidak ada daya cengkram. Dan ban ini juga tidak cocok digunakan pada musim dingin, semi dan gugur. Bahkan ban ini sangat tidak cocok digunakan dijalanan umum. Karena ban ini didesign khusus untuk balapan.
Share on Google Plus

About Firman Hakiki

Nama Saya Firman Hakiki Orang Cilembu Asli Si Penjual UBI CILEMBU ASLI dari CV. PUCIMA HP. 082319517777 Alamat: Jl. Raya Cilembu No. 34, RT. 01 / 08, Pamulihan, Cilembu, Sumedang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

2 komentar:

  1. hallo gan , saya mau tanya.
    Jalan kan sering licin basah karena hujan . menurut agan Bagusnya saya memilih ban dunlop yang tipe apa yah yang memiliki daya cengkram yang bagus ? untuk melakukan akselarasi, berbelok , pengereman, dan agar memiliki rasa keamanan dan kenyamanan .

    ReplyDelete
  2. kalo mau pilih ban harus disesuaikan dengan tipe mobilnya gan....ini sih yg sy baca di artikel dunlop. kalo soal daya cengkram bagus sih...sy pake koq sdh 5 tahun belum ganti..hehehe gak tau sih merek ban dunlop yg mana..soalnya suami yg beli. tp tuh ban kerja paksa dipake keluar kota naik turun jalan rusak...awet sampai sekarang..

    ReplyDelete

Terima Kasih telah berkunjung di blog pribadi saya.
Order Ubi Cilembu ASLI 100 %
Call/SMS/WA. 082319517777