Cara Cepat Mengatasi Diare

Bila anda buang air besar dengan frekuensi yang normal tentu tidak akan menjadi masalah besar. Namun bila frekuensi buang air besar tersebut berlebihan dan mengeluarkan kotoran yang berbentuk encer, bisa jadi anda terkena diare. Kondisi ini bisa disebabkan oleh bakteri e. coli yang masuk ke dalam tubuh manusia. Kontaminasi dengan bakteri ini terjadi akibat proses pengolahan makanan yang tidak sehat. Misalnya, anda malas membersihkan sayur dan buah sebelum dikonsumsi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi diare dengan cepat. Berikut adalah beberapa diantaranya :



Minum air. Saat diare, tubuh akan mengeluarkan banyak cairan sehingga anda perlu menambah pasokan cairan dengan banyak minum air. Konsumsi air yang cukup bisa menghindarkan anda dari dehidrasi. Anda bisa meminum air putih, jus buah ataupun sayur bening yang kaya akan air.

Hindari konsumsi alkohol. Proses percernaan terganggu sehingga usus tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya akibat diare. Kondisi ini jangan anda perparah dengan mengkonsumsi minuman beralkohol. Tunggu hingga diare anda sembuh, baru anda bisa minum alkohol.

Istirahat yang cukup. Anda bisa mengatasi diare dengan beristirahat yang cukup. Hindari tidur terlalu malam dan bangun terlalu pagi. Sistem percernaan juga perlu istirahat sehingga bisa pulih seperti sedia kala. Tidur yang cukup bisa membantu meringankan gejala diare yang anda alami.

Minum oralit. Salah satu obat yang ampuh untuk mengatasi diare dengan cepat adalah oralit. Oralit yang dikenal dengan larutan garam dan elektrolit ini ampuh untuk menekan frekuensi buang air besar yang tak wajar.

Minum teh. Untuk menenangkan perut yang nyeri dan perih, anda bisa mengkonsumsi berbagai jenis teh mulai dari teh hitam, jahe, teh raspberry, chamomile, oolong hingga teh hijau. Anda bisa meminum teh tersebut setelah selesai makan. Bila perlu campur teh dengan larutan lemon.

Minum Cuka Apel. Bila anda bosan minum teh saat harus mengatasi diare dengan cepat, manfaatkan saja cuka apel,. Caranya anda bisa mencampur beberapa tetes cuka apel ke dalam jus atapun air putih biasa. Minumkan kepada pasien diare secara berkala hingga diare mampet.

Kunyit dan Air hangat. Cara mengatasi diare yang terakhir adalah dengan minum air hangat yang dicampur dengan kunyit. Ramuan tersebut bermanfaat untuk melancarkan sistem percernaan supaya kembali normal.
Share on Google Plus

About Firman Hakiki

Nama Saya Firman Hakiki Orang Cilembu Asli Si Penjual UBI CILEMBU ASLI dari CV. PUCIMA HP. 082319517777 Alamat: Jl. Raya Cilembu No. 34, RT. 01 / 08, Pamulihan, Cilembu, Sumedang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog pribadi saya.
Order Ubi Cilembu ASLI 100 %
Call/SMS/WA. 082319517777