Merawat Motor Matic yang baik

Motor matic, seperti yang sobat tau, motor matic jaman sekarang terbagi atas 2 macam motor matic yaitu motor matic biasa dan motor matic injeksi (injection).

Saya dengan senang hati akan memberikan seputar informasi mengenai cara merawat motor matic yang baik dan benar. Merawat motor matic itu sebenarnya tidak sulit sobat, asalkan sobat rajin ke bengkel motor untuk mengganti oli dan men-service motor matic sobat.

Sobat pastinya mau dong mempunyai motor matic yang prima dan enak di kendarain, kalau sobat jarang merawat mesin dan mengganti oli motor matic sobat pastinya akan cepat merusak motor matic sobat dan mungkin akan berbahaya bagi sobat sendiri sebagai pengendaranya.

Beberapa tips saya akan berikan kepada sobat mengenai cara yang baik merawat motor matic yang baik dan benar :

1. Biasakan sobat setiap pagi dan ketika akan mau pergi menggunakan motor matic sobat, sobat haruslah memanaskan mesin motor sobat, minimal 10 - 15 menit. Kenapa sobat perlu memanaskan mesin motor setiap pagi ? Dikarenakan mesin motor di pagi hari masih dalam kondisi yang dingin, dan berguna untuk merawat kondisi mesin motor matic anda agar tetap stabil dan dalam kondisi yang bagus.

2. Sobat jangan sampai lupa untuk memperhatikan "indikator bensin" yaitu sebuah petunjuk tentang isi bensin yang ada di motor matic sobat yang berada di dalam speedometer motor matic sobat. Jangan sampai indikator bensin motor matic sobat menunjukan ke garis merah yang berarti bensin motor matic sobat sudah mau habis, segerakanlah sobat untuk mengisi bahan bakar motor matic sobat, dan akan lebih bagus jika sobat selalu mengisi bahan bakar motor matic sobat sebelum indikator bensin menunjuk ke garis merah. Karena apabila sobat sering kehabisan bahan bakar dijalan, itu akan membuat performa mesin motor matic anda menjadi kurang bagus dan mungkin akan cepat rusak.

3. Sobat janganlah sering sering memainkan tempo gas motor matic sobat. Kenapa ? karena itu akan mempercepat performa mesin motor matic sobat menjadi lemah dan akan cepat rusak. Jadi, sobat jangan lah sering sering memainkan tempo gas yang dari pelan mendadak melaju dengan cepat dan dari yang cepat tiba tiba rem mendadak menjadi pelan.

4. Sobat haruslah rajin dalam menservice motor matic sobat, terutama oli motor matic sobat yang harus diganti setiap bulannya, agar kecepatan mesin motor matic sobat tetap dalam keadaan primanya. Biasanya sobat ketika membeli motor akan mendapat buku petunjuk waktu yang bagus untuk menservice motor matic sobat, agar mesin motor matic sobat tetap dalam keadaan primanya.

5. Jika sobat merasa motor matic sobat kurang bagus mesinnya dan tidak enak di kendarai, cobalah sobat ketika akan menservice motor sobat, sobat minta kepada tekhnisi bengkel motor untuk membongkar CVT (Continously Variable Transmission). Coba sobat untuk melihat Roller dan Vent belt motor matic anda, apakah masih bagus atau sudah tidak layak pakai ? Cobalah sobat untuk mengecheck keadaan Roller dan Vent Belt motor matic sobat, karena itu akan sangat berpengaruh terhadap performa mesin motor matic sobat.


6. Periksalah keadaan busi motor matic sobat, karena itu akan sangat berpengaruh pada perapian motor matic sobat. Dan jangan hanya busi yang harus sobat perhatikan, aki pun harus sobat perhatikan, karena akan kurang fit kondisi motor matic sobat jika salah satu diantara aki dan busi sobat ada yang rusak.

7. Pastikan sobat hanya membeli spareparts untuk motor matic sobat dengan yang original, karena selain tahan lama akan membantu sobat juga untuk merawat kondisi keseluruhan motor matic sobat. Jadi jangan sampai sobat membeli spareparts buat motor matic sobat yang bukan original.
Share on Google Plus

About Firman Hakiki

Nama Saya Firman Hakiki Orang Cilembu Asli Si Penjual UBI CILEMBU ASLI dari CV. PUCIMA HP. 082319517777 Alamat: Jl. Raya Cilembu No. 34, RT. 01 / 08, Pamulihan, Cilembu, Sumedang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog pribadi saya.
Order Ubi Cilembu ASLI 100 %
Call/SMS/WA. 082319517777