Cara Menentukan APK/APM Pendidikan

Data Pendidikan
   
Data pendidikan yang disajikan berikut ini meliputi empat jenis yaitu Pemerataan, Mutu, Relevansi dan Evisiensi Internal serta dijabarkan dalam 37 indikator.
   
Data Pemerataan
   
a.  Angka Partisipasi Kasar (APK)
   
Defenisi; Persentase jumlah siswa pada jenjang pendidikan tertentu dibandingkan dengan penduduk kelompok usia sekolah.

  
Rumus :
  
                Jumlah siswa dijenjang pendidikan tertentu *)
APK  =   ---------------------------------------------------------------------------- x 100 %
                  Jumlah penduduk kelompok usia tertentu
  
Keterangan :
*)  Tingkat SD      :   kelompok usia    7 - 12 tahun
    Tingkat SLTP  :   kelompok usia   13 - 15 tahun
    Tingakt SM      :   kelompok usia  16 - 18 tahun
  
Kriteria; Makin tinggi APK berarti makin banyak anak usia sekolah yang bersekolah disuatu daerah, atau makin banyak anak usia di luar kelompok usia sekolah tertentu bersekolah di tingkat pendidikan tertentu. Nilainya APK bisa lebih besar dari 100% karena adanya sisiwa di luar usia sekolah, daerah kota, atau daerah perbatasan.
Kegunaan;  Untuk mengetahui banyaknya anak usia sekolah yang bersekolah disuatu jenjang pendidikan.
  
b.  Angka Partisipasi Murni (APM)
  
Defenisi; Persentase jumlah siswa pada jenjang pendidikan tertentu dibandingkan dengan penduduk kelompok usia sekolah.
  
Rumus :
  
            Jl. siswa kelpk usia sekolah dijenjang pendidikan tertentu *)
APM =  -------------------------------------------------------------------------------------------- x 100 %
                       Jumlah penduduk kelompok usia tertentu
  
Keterangan :
*)  Tingkat SD       :  kelompok usia   7 - 12 tahun
    Tingkat SLTP   :  kelompok usia  13 - 15 tahun
    Tingakt SM       : kelompok usia  16 - 18 tahun
  
Kriteria; Makin tinggi APM berarti makin banyak anak usia sekolah yang bersekolah disuatu daerah, atau makin banyak anak usia di luar kelompok usia sekolah tertentu bersekolah di tingkat pendidikan tertentu. Nilainya APK bisa lebih besar dari 100% karena adanya sisiwa di luar usia sekolah, daerah kota, atau daerah perbatasan.
Kegunaan;  Untuk mengetahui banyaknya anak usia sekolah yang bersekolah disuatu jenjang pendidikan.
  
c.  Perbandingan Antarjenjang Pendidikan (PAJ)
  
Defenisi; Persentase jumlah siswa pada jenjang pendidikan tertentu dibandingkan dengan penduduk kelompok usia sekolah.
  
Rumus :
  
             Jumlah sekolah dijenjang pendidikan tertentu *)
PAJ =   ------------------------------------------------------------------------------ 
             Jumlah sekolah jenjang pendidikan lebih tinggi **)
  
Keterangan :
*)     SD, SLTP
**)   SLTP,ST
  
Kriteria; Makin tinggi nilai PAJ berarti makin besar kesenjangan antar sekolah jenjang pendidikan tertentu dengan yng lebih tinggi.  
Kegunaan;  Untuk mengetahui kurangnya jumlah sekolah pada jenjang yang lebih tinggi.
  
d.  Rasio Siswa per Sekolah (R-S/S)
  
Defenisi; Perbandingan antar  jumlah siswa dengan sekolah pada jenjang pendidikan tertentu.
  
Rumus :
  
                Jumlah sekolah pada jenjang pendidikan tertentu *)
R-SS =   ------------------------------------------------------------------------------------ 
                Jumlah sekolah pada jenjang pendidikan tertentu *)
  
Ketengan :
*)     SD, MI, SLTP, MTS, SMU, MA,SMK
  
Kriteria; Mendekati angka nasional.  
Kegunaan;  Untuk mengetahui rata-rata besarnya sekolah disuatu daerah
  
e.  Rasio Siswa per Kelas (R-S/K)
  
Defenisi; Perbandingan antar  jumlah siswa dengan kelas pada jenjang pendidikan tertentu.
  
Rumus :
  
               Jumlah siswa pada jenjang pendidikan tertentu *)
R-SK =  --------------------------------------------------------------------------------- 
                Jumlah kelas pada jenjang pendidikan tertentu *)
  
Keterangan
*)     SD, MI, SLTP, MTS, SMU, MA,SMK
  
Kriteria; Mendekati angka nasional.  
Kegunaan;  Untuk mengetahui rata-rata besarnya kelas disuatu daerah
  
f.  Rasio Siswa per Guru (R-S/G)
  
Defenisi; Perbandingan antar  jumlah siswa dengan guru pada jenjang pendidikan tertentu.
  
Rumus :
  
             Jumlah siswa pada jenjang pendidikan tertentu *)
R-SK =   ------------------------------------------------------------------------------ 
             Jumlah guru pada jenjang pendidikan tertentu *)
  
Keterangan :
*)     SD, MI, SLTP, MTS, SMU, MA,SMK
  
Kriteria; Mendekati angka nasional.  
Kegunaan;  Untuk mengetahui rata-rata guru yang dapat melayani siswa disuatu sekolah
  
g.  Rasio Kelas per Ruang Kelas (R-K/RK)
  
Defenisi; Perbandingan antar  jumlah kelas dengan ruang kelas pada jenjang pendidikan tertentu.
  
Rumus :
  
                       Jumlah kelas pada jenjang pendidikan tertentu *)
R-KRK =   --------------------------------------------------------------------------------------- 
                   Jumlah ruang kelas pada jenjang pendidikan tertentu *)
  
Keterangan :
*)     SD, MI, SLTP, MTS, SMU, MA,SMK
  
Kriteria;   Nilai 1 berarti ruang kelas hanya digunakan sekali, kurang dari 1 berarti terdapat ruang kelas yang tidak digunakan, dan lebih dari 1 berarti terdapat ruang kelas yang digunakan lebih dari sekali.
Kegunaan;  Untuk mengetahui kekurangan/kelebihan ruang kelas disuatu daerah
  
h.  Rasio Kelas per Guru (R-K/G)
  
Defenisi; Perbandingan antar  jumlah kelas dengan guru pada jenjang pendidikan tertentu.
  
Rumus :
  
                   Jumlah kelas pada jenjang pendidikan tertentu *)
R-KG =   --------------------------------------------------------------------------------------- 
                   Jumlah guru pada jenjang pendidikan tertentu *)
  
Keterangan :
*)     SD, MI, SLTP, MTS, SMU, MA,SMK
  
Kriteria;   Mendekati angka nasional.
Kegunaan;  Untuk mengetahui kekurangan/kelebihan guru khususuntuk SD dan MI.
  
i.  Angka Melanjutkan (AM)
  
Defenisi; Persentase jumlah lulusan yang melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  
Rumus :
  
            Jumlah siswa baru tingkat I pada jenjang pendidikan tertentu *)
AM =   --------------------------------------------------------------------------------------- 
            Jumlah lulusan pada pada jenjang pendidikan yg lebih rendah *)
       tahun ajaran sebelumnya *)          
  
Keterangan :
*)   Tingkat SLTP dan Tingkat SM
**)  Tingkat SD dan Tingkat SLTP
  
Kriteria;   Makin tinggi angkanya makin baik. Idealnya = 100 % berarti semua    lulusan dapat ditampung di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Kegunaan;  Untuk mengetahui banyaknya lulusan yang dapat melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi atau daya serap sekolah yang lebih tinggi.
  
j.  Tingkat Pelayanan Sekolah (TPS)
  
Defenisi; Banyaknya penduduk usia 7 - 12 tahun atau lulusan yang akan melanjutkan yang harus dilayani oleh sekolah ekuivalen. Sekolah ekuivalen dimaksud adalah sekolah yang diasumsikan memiliki 6 kelas..
  
Rumus :
  
                Jumlah penduduk usia sekolah
TPS sd =  ------------------------------------------------- 
                   Jumlah sekolah ekuivalen
    
                           Jumlah lulusan *)
TPS sltp/sm =   ------------------------------ 
                       Jumlah sekolah ekuivalen
Share on Google Plus

About Firman Hakiki

Nama Saya Firman Hakiki Orang Cilembu Asli Si Penjual UBI CILEMBU ASLI dari CV. PUCIMA HP. 082319517777 Alamat: Jl. Raya Cilembu No. 34, RT. 01 / 08, Pamulihan, Cilembu, Sumedang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog pribadi saya.
Order Ubi Cilembu ASLI 100 %
Call/SMS/WA. 082319517777