Data Pendidikan
Data
pendidikan yang disajikan berikut ini meliputi empat jenis yaitu
Pemerataan, Mutu, Relevansi dan Evisiensi Internal serta dijabarkan
dalam 37 indikator.
Data
Pemerataan
a.
Angka Partisipasi Kasar (APK)
Defenisi;
Persentase jumlah siswa pada jenjang pendidikan tertentu dibandingkan
dengan penduduk kelompok usia sekolah.
Rumus
:
Jumlah
siswa dijenjang pendidikan tertentu *)
APK
=
---------------------------------------------------------------------------- x
100 %
Jumlah penduduk kelompok usia tertentu
Keterangan
:
*)
Tingkat SD : kelompok usia
7 - 12 tahun
Tingkat SLTP
: kelompok usia 13 - 15 tahun
Tingakt SM : kelompok usia
16 - 18 tahun
Kriteria;
Makin tinggi APK berarti makin banyak anak usia sekolah yang bersekolah
disuatu daerah, atau makin banyak anak usia di luar kelompok usia
sekolah tertentu bersekolah di tingkat pendidikan tertentu. Nilainya APK
bisa lebih besar dari 100% karena adanya sisiwa di luar usia sekolah,
daerah kota, atau daerah perbatasan.
Kegunaan;
Untuk mengetahui banyaknya anak usia sekolah yang bersekolah disuatu
jenjang pendidikan.
b.
Angka Partisipasi Murni (APM)
Defenisi;
Persentase jumlah siswa pada jenjang pendidikan tertentu dibandingkan
dengan penduduk kelompok usia sekolah.
Rumus
:
Jl.
siswa kelpk usia sekolah dijenjang pendidikan tertentu *)
APM =
--------------------------------------------------------------------------------------------
x 100 %
Jumlah penduduk kelompok usia tertentu
Keterangan
:
*)
Tingkat SD : kelompok usia
7 - 12 tahun
Tingkat SLTP : kelompok usia 13 - 15 tahun
Tingakt SM : kelompok usia 16
- 18 tahun
Kriteria;
Makin tinggi APM berarti makin banyak anak usia sekolah yang bersekolah
disuatu daerah, atau makin banyak anak usia di luar kelompok usia
sekolah tertentu bersekolah di tingkat pendidikan tertentu. Nilainya APK
bisa lebih besar dari 100% karena adanya sisiwa di luar usia sekolah,
daerah kota, atau daerah perbatasan.
Kegunaan;
Untuk mengetahui banyaknya anak usia sekolah yang bersekolah disuatu
jenjang pendidikan.
c.
Perbandingan Antarjenjang Pendidikan (PAJ)
Defenisi;
Persentase jumlah siswa pada jenjang pendidikan tertentu dibandingkan
dengan penduduk kelompok usia sekolah.
Rumus
:
Jumlah sekolah dijenjang pendidikan tertentu *)
PAJ =
------------------------------------------------------------------------------
Jumlah sekolah jenjang pendidikan lebih tinggi **)
Keterangan
:
*)
SD, SLTP
**)
SLTP,ST
Kriteria;
Makin tinggi nilai PAJ berarti makin besar kesenjangan antar sekolah
jenjang pendidikan tertentu dengan yng lebih tinggi.
Kegunaan;
Untuk mengetahui kurangnya jumlah sekolah pada jenjang yang lebih tinggi.
d. Rasio
Siswa per Sekolah (R-S/S)
Defenisi;
Perbandingan antar jumlah siswa dengan sekolah pada jenjang pendidikan tertentu.
Rumus
:
Jumlah sekolah pada jenjang pendidikan tertentu *)
R-SS =
------------------------------------------------------------------------------------
Jumlah sekolah pada jenjang pendidikan tertentu *)
Ketengan
:
*)
SD, MI, SLTP, MTS, SMU, MA,SMK
Kriteria;
Mendekati angka nasional.
Kegunaan;
Untuk mengetahui rata-rata besarnya sekolah disuatu daerah
e. Rasio
Siswa per Kelas (R-S/K)
Defenisi;
Perbandingan antar jumlah siswa dengan kelas pada jenjang pendidikan tertentu.
Rumus
:
Jumlah siswa pada jenjang pendidikan tertentu *)
R-SK =
---------------------------------------------------------------------------------
Jumlah kelas pada jenjang pendidikan tertentu *)
Keterangan
*)
SD, MI, SLTP, MTS, SMU, MA,SMK
Kriteria;
Mendekati angka nasional.
Kegunaan;
Untuk mengetahui rata-rata besarnya kelas disuatu daerah
f. Rasio
Siswa per Guru (R-S/G)
Defenisi;
Perbandingan antar jumlah siswa dengan guru pada jenjang pendidikan tertentu.
Rumus
:
Jumlah siswa pada jenjang pendidikan tertentu *)
R-SK =
------------------------------------------------------------------------------
Jumlah guru pada jenjang pendidikan tertentu *)
Keterangan
:
*)
SD, MI, SLTP, MTS, SMU, MA,SMK
Kriteria;
Mendekati angka nasional.
Kegunaan;
Untuk mengetahui rata-rata guru yang dapat melayani siswa disuatu
sekolah
g. Rasio
Kelas per Ruang Kelas (R-K/RK)
Defenisi;
Perbandingan antar jumlah kelas dengan ruang kelas pada
jenjang pendidikan tertentu.
Rumus
:
Jumlah kelas pada jenjang pendidikan tertentu *)
R-KRK =
---------------------------------------------------------------------------------------
Jumlah ruang kelas pada jenjang pendidikan tertentu *)
Keterangan
:
*)
SD, MI, SLTP, MTS, SMU, MA,SMK
Kriteria; Nilai
1 berarti ruang kelas hanya digunakan sekali, kurang dari 1 berarti
terdapat ruang kelas yang tidak digunakan, dan lebih dari 1 berarti
terdapat ruang kelas yang digunakan lebih dari sekali.
Kegunaan;
Untuk mengetahui kekurangan/kelebihan ruang kelas disuatu daerah
h. Rasio
Kelas per Guru (R-K/G)
Defenisi;
Perbandingan antar jumlah kelas dengan guru pada
jenjang pendidikan tertentu.
Rumus
:
Jumlah kelas pada jenjang pendidikan tertentu *)
R-KG =
---------------------------------------------------------------------------------------
Jumlah guru pada jenjang pendidikan tertentu *)
Keterangan
:
*)
SD, MI, SLTP, MTS, SMU, MA,SMK
Kriteria; Mendekati
angka nasional.
Kegunaan;
Untuk mengetahui kekurangan/kelebihan guru khususuntuk SD dan MI.
i. Angka
Melanjutkan (AM)
Defenisi;
Persentase jumlah lulusan yang melanjutkan kejenjang pendidikan yang
lebih tinggi.
Rumus
:
Jumlah siswa baru tingkat I pada jenjang pendidikan tertentu *)
AM
=
---------------------------------------------------------------------------------------
Jumlah lulusan pada pada jenjang pendidikan yg lebih rendah *)
tahun ajaran sebelumnya *)
Keterangan
:
*)
Tingkat SLTP dan Tingkat SM
**)
Tingkat SD dan Tingkat SLTP
Kriteria; Makin
tinggi angkanya makin baik. Idealnya = 100 % berarti semua
lulusan dapat ditampung di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Kegunaan;
Untuk mengetahui banyaknya lulusan yang dapat melanjutkan kejenjang
pendidikan yang lebih tinggi atau daya serap sekolah yang lebih tinggi.
j.
Tingkat Pelayanan Sekolah (TPS)
Defenisi;
Banyaknya penduduk usia 7 - 12 tahun atau lulusan yang akan
melanjutkan yang harus dilayani oleh sekolah ekuivalen. Sekolah
ekuivalen dimaksud adalah sekolah yang diasumsikan memiliki 6 kelas..
Rumus
:
Jumlah penduduk usia sekolah
TPS
sd = -------------------------------------------------
Jumlah sekolah ekuivalen
Jumlah lulusan *)
TPS
sltp/sm = ------------------------------
Jumlah sekolah ekuivalen
0 Comments
Terima Kasih telah berkunjung di blog pribadi saya.
EmojiOrder Ubi Cilembu
Call/SMS/WA. 082319517777