Kandungan Gizi dan Manfaat Mengkonsumsi Ikan Teri

 
Kandungan Gizi dan Manfaat Mengkonsumsi Ikan Teri -
Kecil – kecil cabe rawit, . mungkin itu istilah yang tepat untuk menggambarkan manfaat dari Si ikan teri.. biar pun ukurannya kecil – kecil.. tapi untuk urusan nilai gizi jangan di tanya.. sebab si ikan yang umum dikeringkan / diasin kan ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan lengkap sehingga sangat baik untuk di konsumsi setiap hari. Bahkan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Jadi jangan hanya mengenal dengan makanan luar saja seperti sosis dan lainnya.. karena ikan teri yang memang hasil dari kekayaan laut nusantara juga ga kalah tinggi nilai gizinya, plus harganya pun murah meriah. Xixixi ^_^. Nah agar kita bisa mengenal lebih jauh dengan si ikan teri,, ayo coba kita bahas secara tuntas mengenai ikan teri.
Ikan teri atau ikan bilis adalah sekelompok ikan laut kecil anggota keluarga Engraulidae. Nama ini mencakup berbagai ikan dengan warna tubuh perak kehijauan atau kebiruan. Walaupun anggota Engraulidaei ada yang memiliki panjang maksimum 23 cm, nama ikan teri biasanya diberikan bagi ikan dengan panjang maksimum 5 cm. Moncongnya tumpul dengan gigi yang kecil dan tajam pada kedua-dua rahangnya. Mangsa utama ikan teri ialah plankton. ( Sumber : Wikipedia ).

Kandungan Gizi Ikan Teri

Ikan Teri Segar per 100 gr
Bagian Ikan Teri Segar yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Energi Ikan Teri Segar = 77 kkal
Protein Ikan Teri Segar = 16 gr
Lemak Ikan Teri Segar = 1 gr
Karbohidrat Ikan Teri Segar = 0 gr
Kalsium Ikan Teri Segar = 500 mg
Fosfor Ikan Teri Segar = 500 mg
Zat Besi Ikan Teri Segar = 1 mg
Vitamin A Ikan Teri Segar = 150 IU
Vitamin B1 Ikan Teri Segar = 0,05 mg
Vitamin C Ikan Teri Segar = 0 mg
Ikan Teri Kering per 100 gr
Bagian Ikan Teri Kering yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Energi Ikan Teri Kering = 170 kkal
Protein Ikan Teri Kering = 33,4 gr
Lemak Ikan Teri Kering = 3 gr
Karbohidrat Ikan Teri Kering = 0 gr
Kalsium Ikan Teri Kering = 1200 mg
Fosfor Ikan Teri Kering = 1500 mg
Zat Besi Ikan Teri Kering = 4 mg
Vitamin A Ikan Teri Kering = 210 IU
Vitamin B1 Ikan Teri Kering = 0,15 mg
Vitamin C Ikan Teri Kering = 0 mg

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Teri

Mencegah Osteoporosis
Menurut Dr Hendradi Khumarga SpBO, FICS, FAJR , untuk mencegah osteoporosis setiap orang memerlukan kalsium sebanyak 1 gram per hari. Kebutuhan kalsium tersebut bisa diperoleh dari ikan teri yang banyak terdapat di wilayah Indonesia. Ikan teri yang selama ini lebih banyak di konsumsi oleh kalangan menengah ke bawah, ternyata merupakan salah satu sumber kalsium terbaik untuk mencegah pengeroposan tulang. Ia juga mengatakan, ikan teri merupakan sumber kalsium yang tahan dan tidak mudah larut dalam air. Namun, karena di masyarakat kita punya anggapan mengonsumsi ikan teri adalah indikator mereka yang secara ekonomi tidak mampu, akhirnya banyak yang mengabaikannya.
Padahal, ikan teri sangat baik sebagai sumber kalsium yang murah dan mudah didapat, ujarnya.
Memperkuat Gigi
Menurut Harun A Gunawan, untuk menjaga agar lapisan gigi sehat, masyarakat hanya perlu makan 5 gram teri dalam 100 gram makanan yg di konsumsinya sehari-hari, cukup dua kali semiggu saja karena di dalam teri jengki terdapat fluor yang cukup tinggi.
Share on Google Plus

About Firman Hakiki

Nama Saya Firman Hakiki Orang Cilembu Asli Si Penjual UBI CILEMBU ASLI dari CV. PUCIMA HP. 082319517777 Alamat: Jl. Raya Cilembu No. 34, RT. 01 / 08, Pamulihan, Cilembu, Sumedang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog pribadi saya.
Order Ubi Cilembu ASLI 100 %
Call/SMS/WA. 082319517777