Langkanya Ubi Cilembu Saat ini

Saat ini Ubi Cilembu kwalitas nomor wahid mulai kembali susah didapat. Hal ini disebabkan oleh berbagai kendala pada saat panen. Berikut berbagai penyebabnya :

1. Hama

Memang sudah menjadi kendala utama dalam produksi ubi cilembu. Hama pada ubi seperti yang telah dibahas dalam postingan saya sebelumnya merupakan musuh utama para petani ubi di berbagai daerah. Lanas/boleng, ulat, tikus  dan cacing. Dari keempat jenis hama tersebut yang paling berbahaya adalah lanas dan cacing. Mengapa demikian? Karena hama lanas dan cacing menyerang pada umbi secara bertahap dan kontinyu. Ubi yang terserang oleh lanas dan cacing hanya bertahan 2 - 3 hari jika disimpan di gudang setelah dipetik. Karena hama tersebut dapat merangsek dan mengkontaminasi ubi lainnya.

2. Cuaca

Faktor cuaca yang kurang bersahabat misalnya hujan pada saat usia ubi menginjak 3 - 4 bulan menjadi penyebab dari pesatnya pertumbuhan larva dan cacing. Sehingga ubi yang dihasilkan menjadi kurang menarik ( bergelombang dan ada warna kehitaman).

3. Permintaan Pasarr Yang kian meningkat

Ini juga menjadi salahsatu penyebab langkanya ubi cilembu. Saat panen terancam puso, pembeli/bandar menaikan harga seenaknya demi mendapatkan ubi. Sehingga petani yang memiliki ubi siap panen beramai - ramai menjual ubi karena harga yang relatif tinggi.

Demikian uraian yang saya dapat dari berbagai sumber. Semoga dapat menambah pengetahuan tentang ubi cilembu.

Share on Google Plus

About Firman Hakiki

Nama Saya Firman Hakiki Orang Cilembu Asli Si Penjual UBI CILEMBU ASLI dari CV. PUCIMA HP. 082319517777 Alamat: Jl. Raya Cilembu No. 34, RT. 01 / 08, Pamulihan, Cilembu, Sumedang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog pribadi saya.
Order Ubi Cilembu ASLI 100 %
Call/SMS/WA. 082319517777