Di era balap 2 tak silam Aprilia sangat perkasa, baik untuk GP125
maupun GP250, Valentino Rossi adalah salah satu pembalap yang berhasil
menjadi juara dunia GP125 dan GP250 bersama Aprilia. Sampai saat ini
Aprilia masih bisa berbicara banyak di kancah balap Moto3 (GP125)
meskipun cc berubah menjadi 250cc.
Nah
ternyata Aprilia juga memproduksi masal motor sports bekapasitas mini
125cc, dengan nama Aprilia RS4 125. Motor ini sudah sejak lama
dipasarkan di Eropa, kendati ber kapasitas kecil ternyata RS4 125
mempunyai banyak peminatnya. Penasaran dengan spek lengkapnya? yuk kita
bahas.
Jika Yamaha YZF R125 berDNA YZF R1, dan Honda CBR125R
berDNA CBR1000R, Aprilia juga tidak mau kalah. Aprilia RS4 125 ini juga
berDNA RS4 versi Superbike. Baik corak dan desain bodi, bahkan
teknologi mesin pun juga mengadopsi dari Aprilia RS4 Factory APRC.
Aprilia RS4 125 hadir dengan warna corak merah dan hitam khas Aprilia. Desain fairing mirip Aprilia RS4 Factory APRC,
dengan tiga buah susunan lampu di depan. Tangki RS4 125 ini sanggup
meminum bensin hingga 14,5 liter. Dan untuk jok belakang sudah
mengaplikasi model bertingkat cirri khas moge sport dunia.
Rangka
RS4 125 mengaplikasi alumunium model deltabox, dengan struktur yang
ringan dan lebih kaku sehingga lebih stabil dan kuat. Sok depan
mengaplikasi sudah mengaplikasi Up side down diameter 41 mm, dengan
jarak main 110mm. Sedangkan sok belakang mengaplikasi monosok untuk
menopang swing arm alumunim model banana.
Untuk roda menggunakan pelek light alloy dengan palang enam, untuk
depan mengaplikasi ukuran lebar pelek 2.75 x 17 dan dibalut dengan ban
ukuran 100/80 – 17, sedangkan untuk belakang lebar pelek menggunakan
ukuran 3.50 x 17 dan dibalut dengan ban ukuran 130/70 – 17. Untuk
pengereman depan menggunakn cakram tunggal berdiameter 300mm diapit
dengan kaliper 4 piston. Sedangkan rem belakang menggunakan cakram
tunggal berdiamater 218mm dibekap dengan kaliper piton tunggal 30mm.
Mesin
RS4 125 menggunakan mesin 4 langkah DOHC, silinder tunggal dengan
kapasitas 124,8cc dan terdiri dari 4 katup. Untuk pendingin mesin
menggunakan pendingin air. Sedangkan untuk pengkabut bahan bakar sudah
menggunakan Fuel Injection. Untuk transmisinya manual dengan 6 tingkat
percepatan.
Di Eropa sendiri Aprilia RS4 125 dihargai sekitar Rp 59 jutaan,
kira-kira masuk Indonesia ga yah? Semoga aja masuk dan mengaspal di
Indonesia, tapi melihat harganya koq bikin nyiut nyali ya walupun cumin
mesinnya hanay 125 cc? mungkin harganya yang terlalu tinggi untuk motor
berkapasitas 125cc maka tidak ada yang berani mendatangkannya ke
Indonesia.
0 Comments
Terima Kasih telah berkunjung di blog pribadi saya.
EmojiOrder Ubi Cilembu
Call/SMS/WA. 082319517777