Insomnia dan Penyebabnya

Penyebab Insomnia Dan Tips Mengatasi InsomniaInsomnia sulit tidur tidak sedikit dari kita yang mengalaminya. Karena memang banyak juga yang mengalami susah tidur ini. Ada juga beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan tidur terutama di malam hari karena beberapa hal. Untuk itulah mengetahui akan sesungguhnya dari penyebab insomnia ini penting, teruma bagi para penderita susah tidur nyenyak tersebut.

Yang dimaksud dengan pengertian insomnia ini adalah merupakan salah satu gangguan tidur dan pola tidur yang mana penderitanya memiliki kualitas tidur yang sangat buruk karena memiliki kesulitan dalam memulai proses tidur atau ketika akan mempertahankan tidur dalam jam kebutuhan tidur yang normal. Penderita insomnia tak jarang juga mengalami beberapa gangguan fungsional saat bangun tidur.

Insomnia bukanlah merupakan suatu penyakit, tetapi adalah merupakan kumpulan gejala yang memiliki berbagai penyebab, seperti kelainan emosional, kelainan fisik dan pemakaian obat-obatan. Susah tidur sering kali dihubungkan pula oleh karena adanya suatu penyakit, pola tidur yang tidak teratur (pola hidup yang tidak sehat) atau bahkan dikaitkan dengan adanya suatu permasalahan psikologis seperti stress yang berkepanjangan, bahkan depresi. Bahkan kadang kala orang akan bisa mengalami sulit tidur hanya karena badan dan otaknya tidak lelah.


Ada beberapa tanda gejala insomnia yang bisa kita kenali bersama. Pada umumnya orang yang menderita susah tidur insomnia akan bisa diikuti gangguan-gangguan fungsional pada tubuh ketika terbangun dari tidurnya, seperti halnya akan merasakan kepala pusing, badan tidak segar, kurang bergairah.

Jenis insomnia menurut terjadinya terbagi menjadi dua. Yaitu macam insomnia yang disebut dengan insomnia akut dan insomnia kronis. Jenis gangguan tidur yang akut ini pada penderitanya mengalaminya dalam waktu singkat dan tertentu misalnya hanya terjadi pada waktu kurun tertentu dalam beberapa minggu. Pemicu timbulnya insomnia jenis ini biasanya adalah stres, masalah dalam keluarga, atau peristiwa yang menimbulkan trauma.

Sedangkan yang kronis akan berjalan dalam kurun waktu yang lebih lama bahkan bisa sampai dengan bertahun-tahun. Bila mengalaminya hal demikian lebih baik segera berkonsultasi dengan tenaga medis atau pun psikolog untuk bisa mengatasi dan mengobati insomnia ini.

Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebab susah tidur insomnia yaitu :
  • Faktor Biologi. Yang termasuk dalam faktor biologi yang bisa menyebabkan dan menimbulkan insomnia adalah faktor usia, penggunaan obat-obatan tertentu yang bisa menimbulakn efek samping sulit tidur.
  • Faktor Psikologis. Faktor ini yang paling banyak menyebabkan terjadinya insomnia pada seseorang. Contohnya adalah stressor berlebihan, gangguan mental, paranoid, kecemasan.
  • Faktor Lingkungan. Misalnya karena pola tidur yang terganggu karena pekerjaan, lingkungan sekitar yang tidak mendukung.
Pengobatan Insomnia.
Bila kita membicarakan mengenai terapi pengobatan insomnia ini tentunya tidak lepas dari peran serta medis dan juga psikolog. Bila karena memang faktor yang menyebabkan insomnia adalah karena suatu kondisi medis penyakit tertentu maka tenaga kesehatan lah tenpat kita melakukan perawatan penderita susah tidur. Bila karena faktor mental maka psikolog akan lebih tepat dalam rangka melakukan berbagai macam jenis pengobatan insomnia ini berikut terapi kejiwaan bila diperlukan nantinya.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dalam rangka cara menghadapi insomnia ini.
Berikut beberapa tips mengatasi insomnia yaitu :
  1. Mengatur ulang pola tidur yang baik bagi kesehatan.
  2. Memulai tidur dalam kondisi lingkungan yang nyaman dan mendukung untuk beristirahat.
  3. Menghindari akan konsumsi minuman yang mengandung kafein atau pun bersoda ketika akan memulai aktifitas tidur.
  4. Meminum segelas susu hangat ketika akan beranjak tidur bisa menjadi solusi cara mengatasi kesulitan dalam tidur.
  5. Melakukan aktifitas ringan yang bersifat relaksasi sebelum beranjak tidur, misalnya dengan mendengarkan musik dan juga membaca buku yang ringan bisa dijadikan alternatif solusi pemecahan masalah insomnia ini.
Beberapa dampak efek insomnia bagi kesehatan juga bisa terjadi. Contoh akibat insomnia ini adalah sebagai berikut :
  • Sulit berkonsentrasi dalam pekerjaan.
  • Gangguan kecemasan.
  • Mudah tersinggung.
  • Badan terasa tidak segar dan bugar.
 Sumber : http://hamizann.blogspot.com/2013/06/penyebab-insomnia.html
Share on Google Plus

About FIRMAN HAKIKI

Nama Saya Firman Hakiki Orang Cilembu Asli Si Penjual UBI CILEMBU ASLI dari Desa Cilembu HP. 082319517777 Alamat: Jl. Raya Cilembu No. 34, RT. 01 / 08, Pamulihan, Cilembu, Sumedang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

0 komentar:

Post a comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog pribadi saya.
Order Ubi Cilembu ASLI 100 %
Call/SMS/WA. 082319517777