Cara memperbaiki Pompa Air


Air merupakan kebutuhan yang vital bagi kehidupan. Apalagi di zaman sekarang, ketersediaan air makin menipis yang diakibatkan oleh berkurangnya lahan hijau. Untuk memenuhi kebutuhan air menimba air dari sumur sempat enjadi tren di masyarakat. Namun, dengan berkembangnya teknologi yang cukup pesat, kegiatan ini mulai ditinggalkan. Banyak oang yang beralih dengan menggunakan mesin untuk mendapatkan air memompa air dari sumur. Karena, dengan menggunakan mesin dianggap lebih efektif, efisien, dan menghemat tenaga untuk memperoleh air.
        Menggunakan mesin, ternyata bukan tanpa masalah. Mesin, merupakan hasil kreatifitas manusia ini tidak selamanya dapat bekerja baik. Sewaktu-waktu, mesin akan mengalami kerusakan yang mengakibatkan kita kesal karena tiadanya ketersediaan air. Ditambah lagi susahnya menghubung tukang service pompa, atau ketersediaan unag sedang menipis. Tapi jangn khawati di blog ini saya aka memeparkan bagaimana memperbaiki pompa. Tentuya dengan tujuan agar kita dapat memperbaiki pompa sendiri. Simak baik-baik ya !hehe.
        Berikut salah satu cara untuk enyelesaikan masalah diatas.
1.   Analisis apa yang menjadi kendala pada mesin tersebut !
Apakah :
a.   Mati total ?
b.   Mesin hidup tapi tidak dapat menyedot air ?
c.   Mesin hidup tapi air yang keluar kecil ?
d.   Mesin menyebabkan mcb off karena konsleting ?
2.   Cara mengatasinya :
a.   Jika mesin mati total,
ü  Kemungkinan putusnya arus listrik. yang harus kita lakukan adalah mengecek aliran listik menuju pompa dengan menggunakn multi tester atau alat lain.
ü  Jika pompa otomatis ada kemungkinan otomatos tidak dapat connect. Kita harus menggantinya ataw memperbaiki stelan tekanan air yang terdapat di dalam.
ü  Rusaknya capasitor sehingga mesin tidak hidup. Setelah mengecek aliran listrik dan hasil tes menunjukan lstrik dalam keadaan baik, yang harus kita lakukan adalah mengecaek capacitor. Kerusakan capacitor dapat kita lihat dari keadaan fisik yang yang rusak(meletup, pecah/belah). Apabila keadaan fisik masih terlihat baik kemungkinan rusak masih ada kita pun dapat mengceknya dengan menggunakan multitester.
ü  Untuk tahap selanjutnya tidak dapat di kerjakan oleh sembarang orang (harus ornag yang paham) yaitu tahap dimana mesin mengalami kerusakan parah(gulungan mesin/dinamo terbakar atau kawat kumparan putus dan terjadi konsleting pada kumaran) biasanya ditandai dengan bau terbakar. Jika tidak kita dapat mengecek kabel-kabel yang terhubung ke kumparan dengan menggunakan multitester.
b.   Jika mesin hidup tapi tidak dapat memompa air
ü  Kemungkinan tejadi kebocoran pada pipa hisap sehingga penghisapan pompa tidak maksimal. Yang harus kita lakukan adalah mencari kebocoran tersebut dan memperbaikinya atau mengganti dengan pipa baru.
ü  Kemungkian kebocoran pada water seal pompa, yang harus kita lakukan adalah menggantinya. Caranya, pertama kita buka tutup belakang pada rumah pompa. Membuka impeller dan mengganti seal. Lalu memasangnya kembali seperti semula. Untuk mengetahui apakah water seal bekerja baik atau tidak kita dapat mengetes hisapan pmopa dengan cara menutup lubang hisap pompa sewaktu berjalan, apabila pompa mengisap dengan kencang maka keadaan pompa stabil.
c.   Mesin hidup tapi air keluar kecil
ü  Kemungkinan jarak hisap terlalu jauh yang harus kita lakukan mendekatkan pompa ke permukaan air sesuai dengan kapasitas hisapnya.
ü  Terjadi masalah pada klep atau saringan. Kita harus membersihkanya atau menggantinya dengan yang baru.
ü  Jika mesin jetpump kemungkinan mata zet kotor atau sudah tidak layak pakai.
ü  Kerusakan pada impeller(kipas hisap) kita dapat melihatnya dengan kasat mata biasanya impeller tipis sehingga kopresi berkurang atau gigi impeller habis. Kita haaru mwnggantinya.
d.   Mesin menyebabkan mcb off karena konsleting ?
ü  Hal ini disebabka karena kumparan telah rusak parah (terjadi kosleting) kita harus menggulung ulang kumparan. Bagian ini disarankan untuk diakukan oleh yang sudah ahli. Agar hasilnya maksimal dan tidak berbahaya(tersengat aliran listrik).
Share on Google Plus

About Firman Hakiki

Nama Saya Firman Hakiki Orang Cilembu Asli Si Penjual UBI CILEMBU ASLI dari CV. PUCIMA HP. 082319517777 Alamat: Jl. Raya Cilembu No. 34, RT. 01 / 08, Pamulihan, Cilembu, Sumedang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

1 komentar:

  1. Silahkan hubungi Service and Information centre FIRMAN, distributor dan dealer dealer terdekat di kota anda untuk kebutuhan pompa air jenis apapun untuk dipakai di mana saja. Pompa FIRMAN telah ber – SNI, Terbukti Tangguh. http://PompaAirFirman.com/

    ReplyDelete

Terima Kasih telah berkunjung di blog pribadi saya.
Order Ubi Cilembu ASLI 100 %
Call/SMS/WA. 082319517777