Hantu Ulat Pada Ubi Cilembu

Seperti yang telah dibahas dalam beberapa post sebelumnya tentang hama pada tanaman ubi cilembu,  selain lanas atau boleng,  cacing dan ulat tanah yang memakan sebagian kulit ubi cilembu masih ada lagi hama yang menyerang ubi cilembu yaitu ulat yang masuk dan memakan ubi bagian dalamnya.
Ulat ini masuk melalui pangkal ubi antara tangkai dan umbi.  Biasanya ulat ini hanya memakan ubi bagian atasnya saja hingga kedalaman 2 cm. Ulat jenis ini sedang malkukan proses metamorfosis menjadi kepompong.
Kami menyebutnya Hantu Ulat karena secara sepintas tidak terlihat.

Mengingat sebelum menjadi kepompong ulat memerlukan asupan makanan yang lebih untuk menghadapi masa puasa memasuki masa kepompong dan berubah menjadi kupu-kupu. Jika dilihat dari luar ubi yang terserang hama ulat ini tampak tidak ada kendala. Karena ulat ini masuk kedalam sedangkan bagian luarnya nampak tidak terganggu sama sekali. Maka dari itu dalam proses penyortiran haruslah Berhati-hati. Karena ubi yang terkena hama ulat tersebut jika dibakar akan nampak seperti yang tidak apa-apa namun ketika dimakan akan sangat berbahaya. Hal ini juga menimbulkan kekapokan bagi konsumen.

Share on Google Plus

About Firman Hakiki

Nama Saya Firman Hakiki Orang Cilembu Asli Si Penjual UBI CILEMBU ASLI dari CV. PUCIMA HP. 082319517777 Alamat: Jl. Raya Cilembu No. 34, RT. 01 / 08, Pamulihan, Cilembu, Sumedang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog pribadi saya.
Order Ubi Cilembu ASLI 100 %
Call/SMS/WA. 082319517777