Ubi Cilembu yang Hitam Kulitnya Jangan Sampai Lepas!!!

Ubi bakar cilembu asli menjadi primadona dari berbagai jenis umbi yang dipasarkan. Rasanya sudah tidak asing lagi. Manis legit dan sangat khas. Masa tanam yang realtif singkat sekitar 4 sampai 5 bulan (untuk ubi cilembu varietas rancing)  menjadikan volume produksi yang melimpah. Kapasitas produksi yang meningkat menimbulkan dampak yang kurang baik bagi ubi cilembu jenis rancing ini. Karena apabila lahan ditanami ubi rancing secara terus menerus tanpa ada selingan maka hasil panen ubi tersebut rata - rata memiliki warna kulit yang hitam atau belang seperti sapi perah. Disamping itu volume ubi yang dihasilkan biasanya menjadi berkurang. Namun ubi yang berkulit hitam itu bukannya ubi yang jelek. Justru ubi seperti inilah yang memiliki rasa dan tekstur legitnya juara. 

Kulit hitam tersebut terjadi karena adanya efek dari pupuk organik yang biasa digunakan sebagai nutrisi pertanian ubi cilembu. Ini menandakan bahwa ubi yang seperti ini adalah ubi yang bebas kimia karena diberi pupuk hanya pupuk organik saja. Meskipun jarang terjadi,  bukan berarti ubi yang berkulit mulus adalah hasil dari pemupukan kimiawi.  Hal ini semata - mata disebabkan oleh terlalu seringnya lahan ditanami oleh ubi tanpa ada selingan.  Selingan disini idealnya adalah ditanami padi dahulu setelah satu musim ubi. Baru setelah padi dipanen, lahan tersebut diolah kembali dan ditanami ubi cilembu jenis rancing.

Hitamnya kulit ubi ini menjadikan ubi lebih cepat layu dan cenderung lebih mudah dibakar. Madunya pun cenderung lebih banyak dan lebih manis rasanya. Legitnya sangat khas dan aromanya harum karamel hasil fermentasi zat tepung yang terkandung dalam ubi cilembu menjadi zat gula yang alami dan sangat aman dikonsumsi.

Melalui tulisan ini saya menghimbau kepada masyarakat pecinta ubi cilembu,  agar jangan sampai tertipu oleh penampilan ubi yang warna kulitnya hitam sepeti pada gambar.  Karena pada kenyataannya yang jelek kelihatannya malah sangat baik dan sangat manis legit rasanya.

So...  Kalau ketemu ubi yang hitam kulitnya,  jangan sampai lepas...   Cepat - cepatlah dibeli dan dibakar dalam oven. Sayang kalau kelezatan yang jarang ditemui malah keduluan orang.  Hehe..

Share on Google Plus

About Firman Hakiki

Nama Saya Firman Hakiki Orang Cilembu Asli Si Penjual UBI CILEMBU ASLI dari CV. PUCIMA HP. 082319517777 Alamat: Jl. Raya Cilembu No. 34, RT. 01 / 08, Pamulihan, Cilembu, Sumedang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog pribadi saya.
Order Ubi Cilembu ASLI 100 %
Call/SMS/WA. 082319517777