Post Anyar

6/recent/ticker-posts

UBI CILEMBU; Kandungan Kalori, Serat, Antioksidan dan Mineral


Ubi Cilembu, ya.. Ubi yang sangat manis rasanya dan mengeluarkan madu. Sangat memberikan sensasi yang luar biasa mantap saat mengkonsumsi ubi yang dibanggakan oleh masyarakat Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang ini. Keunikan Ubi Cilembu ini juga yang menjadikan para pelaku usaha Ubi di Indonesia lebih memilih untuk memasarkan ubi jenis ini secara intens. Dari berbagai sumber yang telah dihimpun bahwa ada sekitar 5.000 Ton lebih per bulannya pasokan Ubi Cilembu Asli dari Desa Cilembu ke luar daerah atau bahkan ke luar negeri. Permintaan akan ubi yang dikenal dengan Ubi Cilembu di Indonesia, Ubi kledek untuk sebagian wilayah Malaysia, Golden Honey Sweet Potato untuk sebagian wilayah Singapura, Jepang, Korea dan Negara Asia Bagian timur Lainnya. 

Tak ayal bahwa ubi Cilembu ini sangat digandrungi oleh masyarakat dikarenakan banyak sekali kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Berikut saya sajikan kandungan yang terdapat dalam Ubi Cilembu.

Kalori
Satu ubi Cilembu berukuran sedang mempunyai panjang sekitar 5 inci dan diameter sebesar 2 inci. Ketika dibakar dalam kulitnya, tanpa penggunaan mentega atau minyak, umbi ini mengandung 103 kalori per 100 gram. Ubi Cilembu adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang menjalani program diet atau sebagai camilan si Kecil karena tidak mengandung lemak dan kolesterol. The American Dietetic Association merekomendasikan menambahkan ubi ke dalam pola makan Anda. Selain dibakar dan dimakan langsung, bisa juga mengolahnya menjadi smoothies atau sebagai bahan pembuat roti dan muffin.
Tinggi Serat
Setiap 100 gram Ubi Cilembu dapat mengandung hingga 4 gram serat atau sekitar 24% dari kebutuhan serat yang direkomendasikan setiap hari. The American Heart Association menyaranka
n untuk mengonsumsi berbagai makanan kaya serat untuk membantu menurunkan kolesterol, kadar gula darah, dan mengurangi risiko stroke.
Antioksidan
Ubi Cilembu mengandung banyak pigmen karotenoid yang memberikan warna daging oranye. Menurut situs WHfoods, ubi jalar telah terbukti menjadi cara yang sangat efektif untuk memberikan anak-anak usia sekolah sejumlah besar vitamin A. Dalam beberapa penelitian, ubi jalar telah terbukti menjadi sumber karoten lebih baik ketimbang sayuran berdaun hijau. Ubi Cilembu juga mengandung tinggi vitamin C yang dapat memenuhi 52% dari kebutuhan tubuh yang disarankan per hari. Bekerjasama dengan betakarotene, kedua antioksidan ini bekerja untuk menghilangkan radikal bebas dari tubuh, anti-inflamasi, dan dapat mengurang risiko terkena kanker, menurut National Cancer Institute.
Kaya Mineral
http://pucimaperkasa.blogspot.co.id/
Ubi Cilembu juga merupakan sumber mineral seperti tembaga, mangan, kalium, dan fosfor. Dalam 200 gram penyajiannya, ubi ini mampu menyumbangkan 50% mangan, 36% tembaga, 26% kalium, dan 15% fosfor dari kebutuhan tubuh yang direkomendasikan setiap hari. Walau kadar mineral yang dibutuhkan oleh tubuh cukup kecil, kesediaannya membantu menjaga fungsi organ tubuh agar dapat bekerja dengan baik.
Perkenalkan Ubi Cilembu pada si Kecil, selain rasanya yang pasti disukai, juga untuk mendapatkan limpahan nutrisinya.

Post a Comment

0 Comments